21 Mar 2009

Webmaster Sketsa buka Usaha Sendiri

Ada beberapa Designer Web yang bekerja di Sketsa mulai berdikari dengan membuka usaha design web sendiri. Keluarnya Designer dari Sketsa kadang membuat pihak manajemen Sketsa merasa resah, walaupun masih ada designer website lain, yang bahkan sudah bisa menyandang gelar Webmaster, namun bagaimanapun agar pengerjaan web design sesuai dengan jadwal yang telah diatur, maka pencarian pengganti harus tetap dilakukan secepat mungkin. Dilain pihak, sebersit rasa bangga kadang terbit juga di hati para manajemen Sketsa, terutama ketika designer web yang buka perusahan sendiri itu berhasil dan punya nama baik di berbagai perusahaan. Apalagi bila yang bersangkutan pamit dengan cara yang santun dan baik, dan baru benar-benar mengundurkan diri setelah menyelesaikan hak dan kewajibannya. Dan biasanya pula bahwa mereka yang punya sifat seperti ini jauh-jauh hari sudah mengatakannya dan justru minta nasehat. Mereka biasanya jujur dan dengan berat hati mengatakan akan membuka usaha sendiri yang sama dengan Sketsa. Mereka ini juga biasanya masih meluangkan waktu untuk mentraining pegawai yang baru agar gampang menyesuaikan diri. Sifat ini kelak akan menjadi modal baginya dalam menghadapi konsumen yang akan datang dengan berbagai sifat. Dan Sketsapun tidak akan mau dan tidak akan tega berebut konsumen dengan webdesigner yang punya sifat seperti ini. Sebisa-bisanya justru diajak kerjasama.

Ada pengalaman yang menggembirakan dengan berdikarinya salah satu bekas webmaster Sketsa. Setelah pamit dan dengan jujur menjelaskan semua, bekas webmaster Sketsa tersebut berkata masih akan ke Sketsa kalau dibutuhkan. Sebelum betul-betul keluar, dia rela menunggu Sketsa mendapat programmer web baru sebagai penggantinya, di samping itu dia juga masih menyediakan waktu untuk mentraining dan membantu programmer baru dalam waktu yang cukup lama. Ini mengharukan saya. Saya dari pihak sketsa berpikir bahwa di tengah kelesuan perekonomian, di mana uang sering membutakan manusia, ternyata masih ada saja anak muda yang masih memiliki sifat-sifat baik tersebut.

Karena itu saya memberikan no hp pribadi dan YM pribadi saya untuk mewakili Sketsa. Hampir setahun hingga saat ini, dia masih dengan sergap datang jika dibutuhkan atau jika diajak sekedar jalan-jalan atau ngobrol. Akhirnya, designer web yang mencoba membuka usaha sendiri itu telah melakukan banyak kerja sama dalam berbagai bidang dengan Sketsa, bahkan banyak pula kegiatan yang tidak berhubungan dengan web design dilakukan. Semoga berkelanjutan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar