21 Mar 2009

Kerjasama Dengan Konsumen Sketsa

Salah satu konsumen Sketsa, yang sudah lama menjalin hubungan, yaitu sejak Sketsa masih membuka usaha dalam hal jual-beli Komputer/elektronik atau handphoe, sekitar tahun 1998 di Jalan Bimasakti di wilayah Sapen berbincang-bincang tentang usaha baru yang ingin direalisasikan, yaitu usaha bidang design, tepatnya design kartu undangan nikah, kalender, distro, brosur, sampul buku, spanduk, grafis website, dsb.

Hanya saja saya menegaskan bahwa Sketsa sudah sibuk mengurusi hal-hal yang berhubungan dengan webdesign. Saya hanya mampu membantu bidang pemasaran, karena bidang pemsaran ini bisa dilkukan bareng-bareng dengan pemasaran Webdesign atau dengan www.3Tugu.com. Untuk urusan pemasaran ini saja sudah cukup memakan waktu yang lama, apalagi saat ini persaingan bisnis semakin ketat dan butuh marketing yang handal. Maka manajemen untuk design tersebut sebaiknya dialah yang mengatur.

Oleh sahabat saya ini ruangan yang akan dipakai adalah ruangan yang terletak di sebelah Selatan, berseberangan dengan parkiran, yang dulu hingga saat ini dipakai untuk mememlihara tanaman hias. Ruangan tersebut rencananya akan direnofasi sendiri olehnya. Tempat tersebut terdiri dari ruangan-ruangan ukuran sekitar 3x3 meter, namun jika digabungkan akan menghasilkan ukuran yang lebih dari cukup untuk sebuah usaha design, karena penggabungan itu akan menghasilkan ruangan dengan ukuran lebih dari 3x10 meter. Selama ini tempat tersebut kurang mendapat perhatian dan lebih sering digunakan sebagai gudang. Padahal tempatnya sangat strategis, karena tempat Sketsa memang dilalui oleh kendaraan yang mencapai 1000 kendaraan setiap hari.

Sahabat saya yang akan menjadi rekan Sketsa ini berpengalaman dalam hal design-mendesign, dia sudah lama membuka usaha transfer handycam dan usaha design. Saat ini sering diajak berbagai perusahaan distro untuk rancangan gambar. Dia memiliki Blogspot yang baru dibuat dalam hitungan beberapa bulan, namun pengunjungnya sudah ramai dan dia mempromosikan sebagian karyanya di sana.

Saya dan rekan-rekan Sketsa hanya berharap akan ketegarannya di tengah kelesuan ekonomi, di mana pemasaran saat ini butuh energi yang besar, butuh ketekunan dan kerja keras. Semoga saja usaha ini cepat ramai dan cepat berkembang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar