25 Des 2008

Kisah Buku 7 Habits (S.R. Covey)

Buku 7 Habbits of Highly Effective People karangan Stephen R. Covey.

Buku ini pertama kali kubaca ketika aku pulang ke Duri, sekitar tahun 90 an, buku itu dibeli oleh orangtuaku, mungkin sebagai sebagai buku pengangan untuk menunjang pekerjaannya ketika masih bekerja di Caltex. Cuma sedikit yang sempat kubaca.

Aku kembali ke Yogya, karena penasaran buku itu kubeli sekitar tahun 1992, kubaca separo, dipinjam teman tak pernah kembali. Kubeli lagi sekitar tahun 1994, dipinjam teman, tak kembali juga, tahun 1997 kubeli lagi. Sama kasusnya dipinjam dan tak kembali. Selalu ada upaya meminta kembali buku itu tapi tidak pernah berhasil. Terakhir kubeli tahun 2007 sempat dipinjam oleh pegawaiku, mula-mula dibacanya di kantor, tapi kok lama-lama di bawa pulang. Setelah kupelototi akhirnya buku itu kembali ke raknya.

Buku "7 Habits of Highly Effective People" atau "7 Kebiasaan Manusia yang Sangat Efektif" karya Stephen R. Covey memang buku luar biasa. Sulit kita bisa benar-benar mengimplementasikannya dalam kehidupan kita, tetapi setidaknya ada yang kita dapat, meskipun kita masih terperosok dalam gulita manajemen kehidupan, paling tidak kita punya senter ketika mencari apa yang kita inginkan, banyak point dari buku ini yang memberi pencerahan bagi butir-butir manajemen dalam diri kita, baik untuk mengelola usaha atau untuk mengelola keluarga kita. Buku ini bisa diterapkan di semua sisi.

Perlu diingat buku ini bukan saja menjadi pegangan bagi orang bisnis/usaha saja, meski ditoko tidak diletakkan di rak keluarga, tetapi wajib menjadi pegangan bagi setiap rumah tangga baik untuk memanajemen usaha atau untuk membantu manajemen dalam keluarga dan kehidupan sosial. Pendek kata dengan satu buku ini kita mendapatkan ilham buat segala aspek kehidupan kita.

Perbandingan Dengan buku "Rich Dad, Poor Dad"
Jika alokasi dana atau waktu anda terbatas, sedang anda seorang pengusaha yang juga ingin membina keluarga dan hubungan sosial dengan stimulus yang baik, saya menganjurkan lebih baik mendahulukan buku ini daripada buku sejenis "Rich Dad, Poor Dad" nya Robert T. Kiyosaki yang menghebohkan itu. Mungkin buku-buku Robert Kiyosaki itu lebih cocok untuk tertentu saja. Ketika buku Tyosaki kuletakkan di teras, beberapa teman pernah mencoba membaca buku itu, namun baru beberapa menit, menaruhnya kembali, kehilangan minat. Hingga sekarang buku itu tampak rapi dan bersih meski di taruh di tempat umum. Jauh beda dengan buku 7 Habbits.

Nggak usah bertele-tele mendingan beli saja, nggak rugi kok........

Tidak ada komentar:

Posting Komentar